Bittami5's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bagaimana Strategi Menghadapi UAN?

UJIAN NASIONAL :onion-07 . dimana Ujian Nasional ini merupakan, ujian penentu kelulusan dari siswa siswi SMA. yaitu tepat pada tanggal 18 April 2011- 21 April 2011  ya kurang lebih sieh tinggal … bulan lagi :onion-14 :ostress yang penting sieh jangan sampe ada yang :onion-68 :olicik . tapi yang enak sieh, uan tahun ini ada sistem remed nya gtu. kalo kata salah satu siswi di SMA negeri 2 bandung Rizka Marwa bilang ” ia tahun ini, uan ada sistem ngulangnya, jadi kalo nggak lulus bisa ngulang lagi 1 bulan setelah uan”. waduh enak banget kan, kalo angkatan gw sieh boro-boro. kalau pun ada itu setelah semua orang udah masuk sebagai mahasiswa .:ourektanah :onion-66

Tadi sieh gw coba nanya sama Salah satu siswi SMA TARAKANITA 1, Tasyadirgantari . kata dia “syarat uan itu sieh nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang di ujikan harus bernilai = 5,5. kemudia nilai minimal 4,00 tapi cuma untuk 2 mata pelajaran aja dan mata pelajaran yang lainnya harus 4,25.” :onion-30

Nah sekarang sieh, gw cuma bisa ngasih masukan aja ke semua siswa siswi SMA, SMP atau pun SD yang mau menghadapi uan. tips and tricknya sieh gampang aja, karena gw udah pernah merasakan yang namanya uan jadi gw akan memberikan sedikit info tentang hal tersebut.

Tips – tips nya adalah

1. belajar ( bisa lewat private, bimbel atau bisa konsultasi sama guru atau sama temen ) :onion-63

2. menyoba banyak-banyak ngerjain soal soal dari tryout atau soal-soal dari buku-buku atau mencoba cari kisi-kisi tentang prediksi soal uan.

3. banyak berdoa dan beramal.

4. jaga kesehatan ( jangan sampe pas uan nanti kalian dalam keadaan sakit)

5. jangan lupa bawa perlengkapan buat uan, jangan sampe minjem.

6. berpakaian dan berpenampilan yang rapih dan sopan. (karena pengawasnya yang kita awas bukan guru dari sekolah kita).

7. minta doa restu sama orang tua dan guru-guru.

Trick buat menghadapi uan adalah :

1. Padasaat ujian nasional jangan sampe musuhan sama teman apa lagi teman yang pintar karena teman yang pintar itu wajib di dekati kalau bisa ajak kerjasama. ya contohnya seperti gw ini :siul

2. Hapalkan letak kursi duduk kalian dan soal kalian. maksudnya disini adalah kalo kalian udah hafal sama tempat duduk kalian bisa menyembunyikan atau menyimpan bocoran, atau kalian bisa menebak siapa partner atau yang soalnya sama kaya kamu. jadi siapa tau bisa kerjasama (kalo angkatan gw sieh 1 deret soalnya sama).

3. Kalau mau nyimpen bocoran harus di tempat yang strategis, misal di jam tangan atau di penghapusan atau di papan jalan atau dimana aja asal menurut kalian bisa di liat ( tapi jangan di coba buat kalian yang udah pintar :nerd ).

4. kalau dapet bocoran jangan percaya 100% karena belum tentu jawaban yang dikash itu bener, kalau bisa di periksa lagi ya :malu .

5. Jangan berpenampilan yang mencolok, karena bisa membuat guru kalian curiga. terus kalo kalian panik itu juga bisa ngebuat kalian di curigai sama pengawas.

Sekarang, sieh kalau kalian dapet bocoran ada beberapa hal yang mesti di perhatikan :

1. jangan percaya kalau kalian di janjikan akan mendapatkan soal dan jawabannya. (karena kemungkinan itu sangat mustahil).

2. jangan percaya juga kalau misalnya kalian dapet jawaban , soalnya 50 terus semuanya ada jawabanya itu nggak mungkin. karena mereka nggak akan ngash semua jawaban, pasti ada kosong 5- 10 nomor. yang penting lulus hasil mau dapet 60 atau 70 nggak papa karena tidak berpengaruh ke pendaftaran Kuliah.

3. Kalau sudah dapet jawaban, dalam satu ruangan andalakan yang pintar untuk mengoreksinya minimal kalo 5 jawaban sudah benar insya allah kebelakangnya juga benar. :olicik

4. simpan jawaban di tempat yang aman.

5. tinggal pasrah kalo udah ketauan sama pengawasnya. :ngakak

Beberapa hal yang dilakukan sebelum UAN :

1. simpan semua buku buku yang akan di uan-kan. karena sudah di pelajari sebelum uan, kalo misalnya kalian buka lagi. ntar pasti akan panik . misalkan ada materi yang belum di mengerti. ya karena sebelum uan itu nggak baik buat belajar tapi lebih cocok buat istirahat. :oseriusbelajar

2. lakuin aktivitas yang lo suka, misalnya lo karokean atau lo nonton film atau apa aja boleh.selama itu menjauhkan diri lo dari pikiran uan.

3. banyak istirahat, jangan sampe karena strees kurang istirahat. apalagi pas minggu tenang jangan sampe di gunakan untuk belajar tapi buat istirahat.

Kalau pengalaman gw yang dulu adalah gw pas di minggu tenang bukannya belajar tapi malah jalan-jalan, bahkan 3 hari sebelum uan gw masih sempet nonton MALIQ & D’ESSENTIALS , SOULVIBE AND TWENTYFIRTS NIGHT di PLAZA SEMANGGI. Dan berkat itu lah gw bisa lulus hahaha karena gw minta doa restu sama mereka . hehehe oh ya ada lagi kan waktu angkatan gw, UAN gw hari dan kebetulan hari ke 3 setelah ujian gw juga masih dateng ke Ulang tahun MALIQ & D’ESSENTIALS yang Ke-6. :ohappy

Jadi buat semua yang sedang mengalami UJIAN NASIONAL TETAP SEMANGAD YA :obye

ini semua merupakan photo-phot buktinya akibat korban UAN tahun 2008 (hampir tiap hari kita selalu ngumpul di satu rumah)

Nah temen-temen sudah tahu kan dilakukan ya……!!!!!!! Selamat Mencoba

Setelah lulus UAN dengan nilai yg memuaskan, jangan lupa cari perguruan tinggi favorit mu,,, n jangan salah pilih fakultas dan jurusan…….

Wassalamu’alaikum

By. By. Good luck

April 14, 2010 Posted by | Uncategorized | 1 Komentar